IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
Slatem
Owner
Owner


Jumlah posting : 503
Location : Di Warung Ini
Registration date : 03.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Tue Jan 06, 2009 5:04 am

sek ... iki bahasan menarik, tapi waktuku gak nutut, engkok ae mari idrek tak jawab
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.wwooww.net
manchunia_is_back
SMP Kelas 3
SMP Kelas 3


Jumlah posting : 178
Age : 71
Location : Malang Kota Bunga
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Tue Jan 06, 2009 12:07 pm

Podo aku yo gak nutut.. engko pas muleh. Iki sek ndik kampus
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Slatem
Owner
Owner


Jumlah posting : 503
Location : Di Warung Ini
Registration date : 03.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Tue Jan 06, 2009 4:06 pm

apapun itu namanya, POLIGAMI atau POLIANDRI, jareku kurang bisa tak terapno PADA DIRIKU SENDIRI, kenapa tidak?
aku pernah mendengarkan satu dialog dalam sebuah film Indonesia yang sampai melejit ratingnya, dalam salah satu scene di film tersebut mengatakan, "satu aja belum tentu adil, apa lagi ada dua (atau lebih)" ... nah apa lagi dengan sifat para pria yang cenderung tidak mau DIDUAKAN, maka sangatlah sulit memberlakukan POLIANDRI, kalau POLIGAMI itu tergantung pandangan dan persepsi masing-masing, kalau menurutku sih ... ENGGAK DEH, satu aja cukup, satu untuk pertama dan untuk yang terakhir
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.wwooww.net
kurasatakada
SD Kelas 4
SD Kelas 4


Jumlah posting : 83
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Tue Jan 06, 2009 4:58 pm

Slatem wrote:
apapun itu namanya, POLIGAMI atau POLIANDRI, jareku kurang bisa tak terapno PADA DIRIKU SENDIRI, kenapa tidak?
aku pernah mendengarkan satu dialog dalam sebuah film Indonesia yang sampai melejit ratingnya, dalam salah satu scene di film tersebut mengatakan, "satu aja belum tentu adil, apa lagi ada dua (atau lebih)" ... nah apa lagi dengan sifat para pria yang cenderung tidak mau DIDUAKAN, maka sangatlah sulit memberlakukan POLIANDRI, kalau POLIGAMI itu tergantung pandangan dan persepsi masing-masing, kalau menurutku sih ... ENGGAK DEH, satu aja cukup, satu untuk pertama dan untuk yang terakhir

Q salut sama sampean lek pang good: good: good:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
kurasatakada
SD Kelas 4
SD Kelas 4


Jumlah posting : 83
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Tue Jan 06, 2009 5:01 pm

Jujur aja aku paling tidak setuju dengan Poligami. Kalau nabi menikah dengan wanita lebih dari satu, itu bukan poligami. Yang dilakukan Nabi, setelah istri pertama wafat baru menikah lagi yang kita sebut dengan istilah Poligini. Soal al Qur'an mengilustrasikan dibolehkannya nikah lebih dari seorang istri, hanya pelaksanaannya dicontohkan oleh Nabi dengan syarat istri pertama telah tiada. Karena awal pernikahan adalah sakral, untuk selebihnya tergantung motifasi dan niat. Ada yang ingin hidup lebih baik, ada yang ingin mendapat apa yang tidak didapat dari istri sebelumnya dan lain sebagainya. Semoga pandangan ku keliru.
youretheman youretheman
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
chiw
SD Kelas 3
SD Kelas 3


Jumlah posting : 71
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Tue Jan 06, 2009 6:57 pm

poliandri, poligami, atau apalagi itu, bagiku, perwujudan dari ego seorang manusia yang selalu kurang kurang dan kurang. walopun dalam pelaksanaanya entah memakai alibi apa.
just my 2 cents
no effense
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Slatem
Owner
Owner


Jumlah posting : 503
Location : Di Warung Ini
Registration date : 03.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Tue Jan 06, 2009 7:05 pm

chiw wrote:
poliandri, poligami, atau apalagi itu, bagiku, perwujudan dari ego seorang manusia yang selalu kurang kurang dan kurang. walopun dalam pelaksanaanya entah memakai alibi apa.
just my 2 cents
no effense

nice post ... tul, hanya perwujudan dari ego yang selalu kurang dan tidak pernah puas akan satu lobang satu istri

ngixix
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.wwooww.net
wong nyamar
SMA Kelas 3
SMA Kelas 3


Jumlah posting : 224
Age : 28
Location : Ngalam
Registration date : 03.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Tue Jan 06, 2009 9:56 pm

wew..... mas romidi (romeo* red)

POLIANDRI : ilustrasi 4 suami 1 istri >>>>> wow..... lalu wanita2 yang lain akan dikemanakan ???? bukankah jumlah wanita didunia ini lebih banyak dari pria??
POLIGAMI : kalau mampu adil... mengapa tidak???
POLIGINI : setuju bangetz !!!!
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
manchunia_is_back
SMP Kelas 3
SMP Kelas 3


Jumlah posting : 178
Age : 71
Location : Malang Kota Bunga
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Tue Jan 06, 2009 10:21 pm

Urun rembug dikit ah.....

Menurut saya wajar aja kalau banyak yg bertanya-tanya. Masyarakat pengen tahu bagaimana seharusnya memposisikan poligami itu? Apa seperti yg dicontohkan Aa Gym? Maklum kan banyak yg menjadikan dia sebagai sosok buat dicontoh. Kalo misalnya yg niru Aa Gym adalah pengangguran gimana?

Saya teringat sebuah buku yg ditulis oleh Yahiya Emerick, juculnya "Critical Lives: The Life and Work of Muhammad". Ada informasi menarik ttg poligami yg sebelumnya belum pernah saya dengar. Menurut penulisnya, mudah2an telah didasarkan kajian historis, ayat ttg pembatasan jumlah istri itu baru turun setelah pernikahan Nabi Muhammad yg terakhir (hal. 105). Bahwa nabi beristri lebih dari empat bukan karena konsekuensi ayat ttg poligami yg sering diributin itu, tapi karena ada perintah Allah utk menegaskan peraturan2 tertentu yg turun bersama ayat yg lain sebelumnya. Dan pada masa itu kan memang lumrah dan mungkin bagian dari budaya beristri banyak. Nabi Sulaiman kan beristri banyak sekali. Pemahaman saya, makna kontekstual ayat tersebut adalah pembatasan, bukan anjuran utk beristri sampai empat orang. Nikahilah 2,3 atau 4. Tapi kalau tidak dpt berlaku adil, 1 saja. Lihat betapa indahnya Allah menyampaikan ayat tersebut. Maksimalnya empat, tapi kalau merasa tidak mampu, 1 saja, bukan 2 atau 3. Bukankah sebagai manusia kita mesti tawadhu (kalau tidak salah artinya merendahkan diri ya). Mengakui kekurangan-kekurangan kita. Sejujurnya, siapa sih diantara kita yg bisa berlaku adil?

Dengan keterbatasan pengetahuan, saya mencoba berspekulasi. Poligami sebenarnya merupakan reformasi besar-besaran terhadap tatanan yg ada di masyarakat kala itu dimana laki2 lumrah beristri banyak plus selir, tanpa perlindungan yg memadai terhadap hak2 para istri. Makna luhur poligami justru terletak pada pembatasan serta jaminan keadilan utk para istri. Dengan kata lain, utk melindungi hak2 perempuan yg sebelumnya terabaikan. Di sinilah letak reformasi radikal tersebut.

Namun, Allah tetap menghalalkan poligami, tidak menutup sama sekali, karena akan ada situasi di masyarakat yg membutuhkan pintu darurat bernama poligami. Luar biasa kan? Mungkin, kayak kasus Terry Schiavo yg koma bertahun-tahun itu. Sangat wajar kalau suaminya menikah lagi (kenyataannya sih suaminya punya girlfriend, sampai punya anak pula. Kalo nggak salah mereka katolik ya...jadi nggak boleh berpoligami) .

Barangkali Allah malah akan memberikan pahala luar biasa besar kalau suami bisa bersabar ketimbang mengambil jalan poligami, meskipun istrinya sedang sakit berat. Biar ikut merasakan penderitaanya gitu lho. Toh yg berpoligami sekarang nggak kayak Rasulullah yg menikahi janda tua nan miskin karena bermaksud menolong. Rata2 yg dinikahi lebih muda kan?

Makna agung poligami ini, menurut saya, akan luntur bila semangat pembatasan itu malah berubah menjadi anjuran atau malah dorongan utk berpoligami. Kecuali memang ada alasan2 yg sangat kuat, spt halnya alasan2 mengapa Rasulullah mengambil lebih dari satu istri.

Citra negatif terhadap poligami, dan mungkin akhirnya terhadap Islam, barangkali, karena adanya image bhw Islam menganjurkan beristri sampai empat orang. Kalau makna pembatasan yg lebih didengungkan, saya yakin citra tersebut akan berubah. Saya memandang poligami itu seperti halnya perceraian. Diakui eksistensinya karena kebutuhan akan pintu darurat. Emergency! Harganya pun mahal!

Bahaya deh kalo poligami dianggap anjuran atau dipandang lebih baik daripada monogami. Dimana makna transformasi itu? Logika yg telah dibangun Allah dengan demikian indahnya malah jadi berbalik 180 derajat. Nanti yg "merasa mampu" beramai-ramai berpoligami. Bertambahlah kesenjangan antara yg kaya dan yg miskin. Bukan hanya kesenjangan penghasilan, tapi juga kesenjangan jumlah istri...he.. he...

Maaf...maaf. ....pengetahuan saya sangat dangkal. Tolong dong yang ahli urun pendapat di sini.

Kita kembalikan lagi, hukum poligami itu apa sih? Halal atau sunnah? Mungkin bisa jadi haram ya kalau ternyata memaksakan diri alias sebenarnya kagak mampu. Kalau punya 2,3, 4 keluarga apa kagak repot tuh. Kapan lagi ngurusin mereka2 yg butuh pertolongan?

Btw, ada pendapat soal poligami dari Faqihuddin Abdul Kodir yang saya setuju di link berikut ini: http://www.kompas.com/kesehatan/news/0305/13/061353.htm

Maaf kalo kepanjangan komentarnya. Just a thought!


Terakhir diubah oleh manchunia_is_back tanggal Wed Jan 07, 2009 1:42 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Romeo
Anak Playgroup
Anak Playgroup


Jumlah posting : 6
Age : 30
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Wed Jan 07, 2009 1:34 pm

yang d beberkan sam abi bagus juga..
mantab sekali
lalu Sekarang mari kita tinjau dari sudut seksualitas. Sudah menjadi keluhan umum di rubrik konsultasi kalau banyak wanita gagal mencapai orgasme karena suami cepat selesai atau tidur begitu saja setelah mencapai puncak. Padahal pada umumnya, wanita itu lebih lambat panas daripada pria. krutuk
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
manchunia_is_back
SMP Kelas 3
SMP Kelas 3


Jumlah posting : 178
Age : 71
Location : Malang Kota Bunga
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Wed Jan 07, 2009 1:48 pm

Romeo wrote:
yang d beberkan sam abi bagus juga..
mantab sekali
lalu Sekarang mari kita tinjau dari sudut seksualitas. Sudah menjadi keluhan umum di rubrik konsultasi kalau banyak wanita gagal mencapai orgasme karena suami cepat selesai atau tidur begitu saja setelah mencapai puncak. Padahal pada umumnya, wanita itu lebih lambat panas daripada pria. krutuk
Lek iki bisa dikomunikasikan sam.. antara pihak isteri karo suami. Mosok2 goro2 suamine cepet metuan, trus selingkuh.. Gak apik kan

Cara2 komunikasi misale konsultasi ndik dokter dll..[halah koyok wong pakar ae)
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
manchunia_is_back
SMP Kelas 3
SMP Kelas 3


Jumlah posting : 178
Age : 71
Location : Malang Kota Bunga
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Wed Jan 07, 2009 1:50 pm

Weik tak delok2 komentarku dowo ternyata
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Romeo
Anak Playgroup
Anak Playgroup


Jumlah posting : 6
Age : 30
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Wed Jan 07, 2009 1:55 pm

manchunia_is_back wrote:
Weik tak delok2 komentarku dowo ternyata

gak po" sam tambah dowo tambah jelas
lek iso lebih dowo maneh
toh ya bermanfa'at bagi nawak" sing maos good: good: good:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
manchunia_is_back
SMP Kelas 3
SMP Kelas 3


Jumlah posting : 178
Age : 71
Location : Malang Kota Bunga
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Wed Jan 07, 2009 2:06 pm

Romeo wrote:
manchunia_is_back wrote:
Weik tak delok2 komentarku dowo ternyata

gak po" sam tambah dowo tambah jelas
lek iso lebih dowo maneh
toh ya bermanfa'at bagi nawak" sing maos good: good: good:
Hanya pendapat Pribadi sam,
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
tom_mad
SMP Kelas 2
SMP Kelas 2


Jumlah posting : 168
Registration date : 03.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Wed Jan 07, 2009 2:10 pm

moco tok ae....ayas gak ngerti opo2... happy
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Slatem
Owner
Owner


Jumlah posting : 503
Location : Di Warung Ini
Registration date : 03.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Thu Jan 08, 2009 4:08 pm

kalo menurutku sih ... boleh-boleh aja melakukan POLIGAMI, POLIANDRI, POLIGINI, ataupun POLIKLINIK

asal ada alasan yang jelas dan tidak berdasarkan seksualitas semata atau ujung-ujungnya harta
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.wwooww.net
chiw
SD Kelas 3
SD Kelas 3


Jumlah posting : 71
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Fri Jan 09, 2009 3:36 pm

Slatem wrote:
kalo menurutku sih ... boleh-boleh aja melakukan POLIGAMI, POLIANDRI, POLIGINI, ataupun POLIKLINIK

asal ada alasan yang jelas dan tidak berdasarkan seksualitas semata atau ujung-ujungnya harta

but, diakui atau tidak -kebanyakan enggak ngakuin sih-, mostly ya faktor seksual ituh...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Slatem
Owner
Owner


Jumlah posting : 503
Location : Di Warung Ini
Registration date : 03.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Fri Jan 09, 2009 7:46 pm

chiw wrote:
Slatem wrote:
kalo menurutku sih ... boleh-boleh aja melakukan POLIGAMI, POLIANDRI, POLIGINI, ataupun POLIKLINIK

asal ada alasan yang jelas dan tidak berdasarkan seksualitas semata atau ujung-ujungnya harta

but, diakui atau tidak -kebanyakan enggak ngakuin sih-, mostly ya faktor seksual ituh...

nah sekarang yang patut dipermasalahkan adalah orangnya atau arti dari POLI2 itu semua

kao orangnya tau akan arti, makna dan memahaminya, pasti gak memasukkan unsur seksualitas dalam urutan pertama
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://nawakewed.wwooww.net
ayatux
SD Kelas 3
SD Kelas 3


Jumlah posting : 74
Age : 30
Location : ngalam
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Sat Jan 10, 2009 10:27 am

urun pendapat..
ayas juga orang yang awam soal poligami dkk apalagi hukum2nya..
sepanjang yang ayas tau saja

tepat sekali menurut saya klo dikatakan poligami adalah sebuah PEMBATASAN dan bukan ANJURAN, seperti yang dipaparkan sam Abi

sekarang coba saja lihat poligami dari sisi yang berbeda. di jaman peperangan misalnya...dimana jumlah wanita akan membludak dikarenakan para lelaki berkewajiban untuk berperang dan mungkin ga akan kembali lagi..
lalu bagaimana dengan keadaan keluarga yang mereka tinggalkan? bagaimana dengan kelangsungan hidup mereka? populasi mereka? bagaimana juga dengan wanita2 lajang yang belum menikah? bisa jadi, dalam kondisi tersebut, perbandingan laki2 dan wanita mencapai 1:20 atau lebih.

disinilah urgensinya berpoligami. disinilah aturan itu ada untuk mencegah hal2 lain yang lebih komplex. contoh saja. seorang janda perang jelas harus dapat hidup mandiri, dengan anak2 mereka saja. bukankah lebih bijak jika para lelaki bisa menikahi mereka, daripada mereka akhirnya terjerumus dalam prostitusi... atau hal2 negatif lainnya...
lebih jauh, anak2 mereka akan jauh lebih terjamin kehidupanya, dengan adanya pembagian warisan dan aturan2 yang mengikatnya..
urgensinya, pernikahan ini akan menyelamatkan ga hanya si janda perang, tapi juga next lifenya si anak2 korban perang tersebut. mereka punya keluarga baru... masa depan yang paling ga lebih baik dibanding mereka harus berjuang sendiri

it means..ingat poin urgensinya, bukan untuk mengambil keuntungan loohh
jadi poligami silahkan saja. tapi liat lagi kepentingannya. daruratnya dimana...

selayaknya kita bijak untuk menyikapi hal2 ambigu- yang bisa melenceng dari alur sebenarnya- seperti poligami yang akhir2 ini seolah menjadi gaya hidup.

berkaca pada Rasul? lihat dulu alasan nabi beristri lebih dari satu. runut satu persatu kisahnya dan dasar2nya, baru umak sekalian bisa jadikan itu alasan berpoligami...

benar sekali dan menjadi sesal ketika poin islam membolehkan poligami lebih ditekankan pada adanya pembolehan yang akhirnya diterjemahkan sebagai anjuran daripada pembatasan & untuk keadilan bagi istri2, justru kebanyakan dari oknum2 islam sendiri... benar2 sangat disayangkan.

ada artikel menarik yang bisa memaparkan analisisnya jauh lebih detail tentang poligami disni http://suamigila.com/2008/04/poligami-lagi.html

klo poliandri? hmm.. ayas jadi merinding membayangkan (baru membayangkan saja...)
jika ayas pelakunya?ngempet gimana ribetnya yah??

ayas selalu merasa wanita jauh lebih sensitive dibanding pria? bener ga?
klo umak pikir pasti bahagia yah wanita yang bisa punya 4 suami yang saling bergantian menjaga seperti yang dipaparkan diawal trit ini...wew.. saya kok sebaliknya yah...?

cukup tah waktu yang dari dulu tetep 24 jam itu buat ngurusi 4suami (maksimal..)?
belum kana... belum kebutuhannya sendiri...
sementara pengalaman dulu punya pacar 1 aja sudah menyita waktu luang ayas ( victory ga ada paksaan kok, ayas ae sing ancen pengen mikirno), gimana dengan 4 orang SUAMI??!!

wezlah..cukup satu. bukan brarti sok setia, tapi jangan pikir berbagi hati dan pikiran itu perkara mudah..(koyo sing pengalaman ae siul )
kapan waktu berbagi untuk yang lain lek harus ngurusi ojob dan urip'e dewe...

itu baru sebatas mikirno...belum kebutuhan batin dan lain sebagainya... genit

semoga saja ayas dan nawak2 sekalian dijauhkan dari perkara yang mengharuskan berpoligami, dalam kondisi perang misalnya... semoga..
kecuali umak memang mampu bersikap adil... paling ga, umak sekalian tau dasar2nya dan alasan2nya...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.alnath.co.cc
itnasus_alil
SMA Kelas 2
SMA Kelas 2


Jumlah posting : 209
Location : malang kara kimashita
Registration date : 06.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Sat Jan 10, 2009 12:06 pm

good: wakeh sampek ngelu ayas mumet


poli itu maknanya "banyak"

poligami lk wong yg nglakuin pada komit BISA dan MAMPU yo monggo dilaksanakan
gag ada yg nglarang
hidup adalah pilihan


tapi lk ayas yo....
gag mau berbagi lek urusan begituan smoke
satu aja cukup....
ndak suka segala sesuatu yg berlebihan
simplicity is good good:


zombie zombie zombie zombie zombie
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.djombieskavictim.blogspot.com
manchunia_is_back
SMP Kelas 3
SMP Kelas 3


Jumlah posting : 178
Age : 71
Location : Malang Kota Bunga
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Sat Jan 10, 2009 12:43 pm

Salah satu penyebab utama poligami adalah banyaknya wanita

Jadi ingat cerita kancaku MAN 3 biyen

Dia bilang gina
"Penyebab poligami adalah terlalu banyaknya wanita di Indonesia, gak usah jauh2 angkatan kita aja. Jumlah cowok lebih sedikit, jadi banyak gadis yang nganggur donk"

Nah teringat itu, ayas dolanan Googel menemukan artikel yang membuat temanku tadi diam, yaitu sebuah data statistik penduduk Indonesia

Datanya Emang lawas, tapi cocok pas ayas lulus, yaitu 2005
Lihat Coy.....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
tom_mad
SMP Kelas 2
SMP Kelas 2


Jumlah posting : 168
Registration date : 03.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Sat Jan 10, 2009 1:17 pm

iku lak MAN...lha nang sklhq...wedoke mek 9... melas
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
itnasus_alil
SMA Kelas 2
SMA Kelas 2


Jumlah posting : 209
Location : malang kara kimashita
Registration date : 06.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Sat Jan 10, 2009 1:34 pm

wihh tuhan memang adil.....

semuanya mendekati imbang....
balance is good:

youretheman




zombie zombie zombie zombie zombie
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.djombieskavictim.blogspot.com
manchunia_is_back
SMP Kelas 3
SMP Kelas 3


Jumlah posting : 178
Age : 71
Location : Malang Kota Bunga
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Sat Jan 10, 2009 2:59 pm

tom_mad wrote:
iku lak MAN...lha nang sklhq...wedoke mek 9... melas
Mangkane MAd saiki jumlahe penduduk indonesia iku akehan lanange
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ayatux
SD Kelas 3
SD Kelas 3


Jumlah posting : 74
Age : 30
Location : ngalam
Registration date : 04.01.09

PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Sat Jan 10, 2009 3:24 pm

manchunia_is_back wrote:
tom_mad wrote:
iku lak MAN...lha nang sklhq...wedoke mek 9... melas
Mangkane MAd saiki jumlahe penduduk indonesia iku akehan lanange

pinter2 bergaul cek wawasanne nambah ples akeh koncoe ae ya lek ngunu kakoi
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.alnath.co.cc
Sponsored content




PostSubyek: Re: Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI   Today at 10:59 am

Kembali Ke Atas Go down
 
Agak KONTRVERSI tapi RASIONAL tentang POLIANDRI,POLIGAMI dan POLIGINI
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» Fakta Mengerikan Tentang bumi
» Tentang ide saya ~ mohon saran ~
» Cerpen dadakan~ semoga suka~ :malu:
» fakta tentang ayah
» tolongin tentang ekonomi indo

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
 :: -
Navigasi: